Thursday, June 13, 2013

Jadwal Baru Perjalanan Kereta Api

kereta_api
Dengan diberlakukannya grafik perjalanan kereta api (gapeka) baru, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) segera merubah beberapa jadwal keberangkatannya.

“Tentunya ada beberapa perjalanan kereta api di Daop 2 Bandung yang mengalami perubahan. Namun demikian perubahan jadwal keberangkatan kereta api sendiri akan diberlakukan mulai 1 april 2013 mendatang,” jelas Kepala Humas PTKAI Daop 2 Bandung, Bambang S.Prayitno, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (20/3).

Perubahan keberangkatan kereta api sendiri berdasarkan surat dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian No.KA/407/SK.26/DJKA/2/13 tanggal 25 Februari 2013 tentang pelaksanaan Gapeka tahun 2013. Dimana mulai 1 April 2013 akan diberlakukan jadwal baru perjalanan kereta api. Perubahan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) yang berimbas pada berubahnya jadwal perjalanan kereta ap ini, lanjutnya, merupakan hal biasa bagi PT KAI (Persero).
Banyak faktor yang menjadi pijakan bagi perubahan ini, terutama untuk menyesuaikan perjalanan KA dengan ritme perubahan dan juga tuntutan konsumen demi perbaikan pelayanan secara menyeluruh.

“Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan perubahan jadwal perjalanan KA, misalnya penambahan jumlah perjalanan KA, perubahan waktu tempuh perjalanan KA, dan perpanjangan relasi perjalanan KA sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pasar agar bersinergi dengan moda transportasi lain dengan memprioritaskan aspek keselamatan dan kenyamanan,” paparnya.
Dalam hal itu, lanjutnya, untuk wilayah daop 2 Bandung sendiri ada beberapa perjalanan kereta api yang mengalami perubahan. Seperti halnya KA Eksekutif Argowilis trayek Bandung-Jogya-Surabaya Gubeng PP menjadi berangkat Bandung pukul 08.00 wib, sebelumnya berangkat pukul 07.00 wib. Begitu juga dengan KA eksekutif Turangga trayek Bandung-Jogya-Surabaya Gubeng PP, menjadi pukul 20.00 wib, sebelumnya pukul 19.00 wib. Termasuk juga KA Eksekutif-Bisnis Lodaya Pagi trayek Bandung-Jogya-Solo PP, keberangkatan Bandung, menjadi pukul 07.00 wib sebelumnya pukul 08.00 wib. Begitu juga dengan KA Lodaya Malam trayek Bandung-Jogya-Solo PP, keberangkatan Bandung, menjadi pukul 19.00 wib sebelumnya pukul 20.00 wib.

“Trayek KA Harina jurusan Bandung-Cirebon-Surabaya Pasarturi pun sama, keberangkatan dari Bandung menjadi pukul 20.45 wib, sebelumnya 20.30 wib,” katanya. Eboza.com

Tidak hanya itu saja, keberangkatan KA Malabar trayek Bandung-Kediri-Malang, pun berubah. Keberangkatan Bandung sebelumnya pukul 15.30 wib menjadi 15.35 wib, sedangkan keberangkatan Malang dari pukul 15.30 menjadi 12.45 wib. Sementara KA Ekonomi Pasundan trayek Kiaracondong-Surabaya, sebelumnya 06.05 wib menjadi pukul 05.30 wib.

“Begitu juga dengan KA Ekonomi Kahuripan trayek Padalarang-Kediri, yang semula keberangkatan awal dari Padalarang, kini berubah menjadi keberangkatan stasion Kiaracondong, menjadi pukul 20.30 wib sebelumnya pukul 20.00 wib dari Padalarang,” katanya.

Bahkan jadwal KA Ekonomi Kutojaya Selatan trayek Kiaracondong-Kutoarjo pun berubah, keberangkatan dari Kiaracondong, sebelumnya pukul 21.30 wib menjadi 21.10 wib. Termasuk jadwal kereta api Argo Parahyangan pun berubah.

“Berkaitan dengan pemberlakuan jadwal baru Perjalanan KA mulai 1 April 2013, waktu tempuh hampir semua KA penumpang menjadi lebih cepat beberapa menit. Namun yang paling penting untuk pergantian jadwal KA ini adalah untuk meningkatkan derajat keselamatan, keamanan, dan kelancaran operasi kereta api,” katanya.

No comments:

Post a Comment