Friday, June 14, 2013

Cara Ampuh Menjinakkan Sugar Glider

Bila Sugar Glider yang agan beli dari hasil breeding (penangkaran) bukan yang wild (tangkapan alam liar), dalam beberapa hari ia akan jinak dengan agan sebagai pemilik barunya tapi kalau wild kita patut belajar bagaimana cara bonding si imut SugarGlider ini. Nah.. sekarang saya akan membagi berbagai tips cara menjinakkan Sugar Glider’ cek it out :
Pertama..
Wild sugar glider sebaiknya diamkan mereka didalam kandang setidaknya 1-2 hari agar ia hafal dengan suasana disekitar kandang, sehingga dia tidak merasa asing. Sugarglider juga patut anda letakkan di tempat anda melakukan kegiatan sehari-hari sehingga ia hafal dengan suara-suara dan bau-bau ditempat itu. Anda cukup meletakkan Sugarglider didalam kandang tapi jangan lupa menaruh makanan dan minumannya sehingga ia tidak kelaparan.
Kedua..
Lakukan kontak dengan SG secara rutin setidaknya 2jam perhari yaitu paling mudahnya denagn proses handfeed. Proses handfeed yaitu proses penjinakan dimana kita memberikan makanan dengan tangan agar Sugar glider hafal dengan pemiliknya. cara memberi makan yaitu colek sedikit bubur (makanannya) lalu sodorkan tangan anda dengan cara jari dibalik (ingat.. Sugar glider memiliki gigi yang tajam dibawah)jadi sewaktu-waktu kalau sg menggigit anda, anda tidak akan merasa sakit.  
Ketiga..
Sering gigitkan jari anda pada SG, memang cara ini sedikit menantang dan exstrim namun dijamin cara ini sangat ampuh untuk menjinakannya (tapi jangan sampai lupa posisi jari dibalik atau kuku dibagian bawah). SG akan hafal dengan bau dan usapan tangan anda.
Caranya :
1. Genggam SG anda dengan tangan kanan, untuk memegang SG yang masih mengigit yaitu menggegam leher sampai badan dan posisi jempol di bawah leher SG. Genggam dengan erat agar tidak lepas. atau menggunakan handuk lebih nyaman dan aman.
2. Sodorkan jempol anda kiri anda terbalik, posisi kuku di bawah, karena gigi SG yang tajam ada di posisi bawah, kita aman jika tergigit. Tahan sampai 2-3 menit. sambil di tiup kecil. diulang2 sampai dia tidak mau menggigit.
3. Lakukan setiap hari minimal 2 jam. Insyaallah SG anda bisa jinak tidak mengigit dalam kurun waktu di bawah seminggu. Cepat lama nya jinak tergantung karakter SG anda, jika cepat jinak itu sudah keberuntungan anda, dia cocok untuk anda.
Keempat..
Kenalkan SG dengan bau badan anda, seperti memasukkan sapu tangan yang telah anda gunakan untuk mengusap keringat kedalam pouch SG sehingga ia biasa hafal dengan bau pemiliknya.  
Kelima..
Lebih baik dilakukan pada siang hari, saat dia lagi lelah dan mengantuk, dia akan lebih cenderung diam dan tidur, jika dia menggigit kekuatan nya tidak sama saat dia malam, kadang dia tidak sadar kalau dia lagi tidur di pangkuan kita. Jika anda tidak sempat melakukan di siang hari, di malam hari pun boleh, akan tetapi lebih sulit.
Keenam ..
Keluarkan hiding pouch dari sarang mreka,jadi waktu mereka tidur,kita bisa belai mereka(SG paling suka dibelai di leher belakang). Saat mereka tidur,selimuti dengan telapak kita (biar mereka merasa hangat,  dan tau jika kita berniat melindungi mereka,menyayangi mereka) Mulai ajak mereka bermain,buat sg berlari di tangan kita,gerakan dua tangan seolah olah tangan kita itu jogging wheel,biar SG tau,kalau tangan kita stabil.
Lakukan sterusnya,lama-lama SG akan percaya  kita,dan menerima sebagai ownernya.
jangan pernah membentak SG, memarahi, memukul. Itulah sedikit cara ampuh bending sugar glider.

No comments:

Post a Comment